Selasa, 14 Juni 2016

CARA MENGHAPAL PALING EFEKTIF

Tips menghapal agar cepat masuk.
Untuk para pelajar yang daya ingatnya kurang, memang sangat sulit untuk mengingat suatu pelajaran, yaa kira-kira masuk telinga kiri keluar telinga kanan lah,tpi tidak bisa kita pungkiri bahwa pada akhirnya kita akan menghadapi suatu ujian sekola baik itu uts,ukk ataupun uas bahkan U.N,tpi jangan sedih kawan saya juga termasuk kategori malas kok,,wkwk...
Tpi seiring berjalannya waktu akhirnya saya menemukan trik menghapal agar cepat masuk.
Mengapa saya memberikan tips cara menghapal???,karna saya sadar bahwa bukn hanya saya yang malas belajar,yaa..walaupun memang banyak juga anak anak yang rajin belajar dan mudah masuk ketika mendapat suatu pelajaran.
mungkin kalian berpikir saya so mau memberi tips,tpi is oke no what-what (tidak apa-apa),,wkwk no problem udh gk jaman coy :-D
Yaudah kita langsung saja ke tips yang pertama:

1.FOKUS
Ketika kita menghapal baik itu rumus,logika,atau sebagainya fokuslah jangan memikirkan hal lain selain yang sedang di pelajari.
Misal: anda sedang menghapal rumus fisika F=m.a,tetapi fokus anda ke kimia m1*v1=m2*v2 ,,akhirnya anda tidak akan bisa fisika dan kimia pun tidak bisa karna fokus anda akan terbagi.

2.CARI INTI DARI YANG KITA HAPAL
Tips yang kedua adalah cari inti atau kata kunci dari yang kita hapal,tips ini mudah di aplikasikan jika kita menghapal suatu kalimat.
Contoh: ekskresi merupakan suatu proses yang terjadi pada diri manusia proses ini dilakukan tubuh untuk membuang zat-zat sisa yang tidak di butuhkan oleh tubuh.
Kita dapat mengambil inti nya yaitu ekskresi adalah proses pngeluaran zat sisa.
Sehingga dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menghapal.

3.BUAT KATA UNIK
Tips selanjutnya adalah buat kata atau kalimat yang unik,mngapa harus kalimat unik??,karna kalimat unik akan lebih lama di ingat oleh otak kita.
Contoh: kita akan menghapal tabel periodik unsur,sangat sulit jika kita mengingat per lambang maka kita buat kalimat,misal pada gol II A,
Be,Mg,Ca,Sr,Ba,Ra,kita buat menjadi "Ben Mangan Ca Sri BaRa" ini akan lebih mudah kita ingat.

4.MASUKAN DALAM HATI
maksudnya ketika kita menghapal jangan seperti anak SD,yang mehapalnya keluar suara,cukup di dalam hati saja.

5.ULANGI
ketika kita sudah menghapal dalam hati,ulangi dulu minimal 3x baru ucapkan

#sekedar tambahan, cobalah untuk menghapal pada malam hari antara jam 2-4 pagi,mengapa demikian??
Karna pada jam jam tersebut otak kita sedang dingin,lebih tenang dan tentunya suasana sedang hening,sehingga meningkatkan konsentrasi kita.
Sekian dulu untuk postingan kali ini,mudah mudahan ada manfaat

0 komentar:

Posting Komentar